Apakah Kelebihan 4G Hanya Kecepatan Yang Lebih Tinggi

>>CEKIDOT<< 

Tulisan ini ingin memperluas wawasan pembaca umum yang ingin lebih mengetahui kelebihan 4G dan juga istilah-istilah umum yang sering muncul dalam dunia telekomunikasi seperti kapasitas, kecepatan, bandwidth, dan broadband. Banyak berita ketika mengupas hebohnya rencana implementasi jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) hanya memfokuskan kepada kecepatan dan juga ini adalah broadband.
Berbicara teknologi 4G yaitu LTE dan Wimax, maka kita akan bertemu dengan teknologi Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM).  LTE menggunakan OFDM pada sisi downlink. Sedangkan pada sisi uplink, LTE menggunakan teknologi Single Carrier Frequency Division Multiplexing Access (SC-FDMA).
Salah satu term yang sering disebut kebanyakan orang adalah kapasitas. Kapasitas, C, dalam dunia information theory adalah the ultimate transmission rate of communications. Kapasitas transmisi ditunjukkan oleh mutual information, sedangkan entropy menunjukkan minimum yg bisa dicapai okeh kompresi [1].

 
Entropi adalah ukuran mengenai rata-rata ketidakpastian dalam variabel acak. Dengan kata lain yaitu jumlah rata-rata bit yang dibutuhkan untuk menggambarkan variabel acak. Entropi adalah ketidakpastian sebuah variabek acak.
Mutual information adalah pengurangan ketidakpastian karena knowledge dari variabel acak yang lain. Mutual information adalah ukuran ketergantungan antara dua variabel acak.
Kanal komunikasi adalah sebuah sistem di mana keluaran secara probabilistik tergantung atas masukannya [. Kapasitas didapatkan dengan memaksimalkan mutual information. Kapasitas adalah rate maksimum yang dapat kita kirimkan melalui kanal dan memulihkan informasi pada keluaran dengan menghilangny peluang error yg rendah.
Batas akhir rate dari komunikasi informasi melalui sebuah kanal adalah kapasitas kanal. Teorema pengkodean kanal menunjukkan bahwa batas atau limit tersebut bisa dicapai dengan sebuah long block length. Akan tetapi, pada prakteknya di sistem komunikasi ini , karena terbatasnya kerumitan kode yg digunakan, maka kita tidak bisa mencapai limit tersebut.

 


0 Response to "Apakah Kelebihan 4G Hanya Kecepatan Yang Lebih Tinggi "

Post a Comment

notifikasi
close