10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak

10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak

>>CEKIDOT<<
10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak (Atau Setidaknya Bingung)










beberapa game Jepang yang sebaiknya kamu coba. Beberapa di antaranya cukup menarik dan unik. Nah, sekarang saya akan mencoba untuk memberikan beberapa list tambahan, hanya saja… untuk game-game teraneh bin ajaib buatan Jepang. Kalau kamu merasa butuh sesuatu yang aneh hadir di kehidupan game kamu, coba simak daftar di bawah ini:

1. Katamari Damacy

Platform: PSOne, PS2, PS3, Xbox 360, iOS, DS, PSVita
Yap, game yang sudah cukup melegenda karena kewarna-warnian yang ditawarkan. Maksud saya warna-warni di sini bukan cuma warna saja, tapi juga objek yang ada dalam dunia ini serta sifat karakter-karakternya yang bisa dibilang aneh. Menurut saya, King of All Cosmos memiliki kepribadian yang cukup… menarik.
Secara gameplay, game ini cukup simpel. Kamu hanya menggulingkan bola (katamari) dan mengarahkannya ke setiap objek yang kamu lihat. Benda-benda yang lebih kecil dari si bola akan menempel ke bola dan membuat si bola semakin besar. Kamu akan menggulingkan berbagai macam benda mulai dari benda yang ada sehari-hari di dalam rumah, rumahnya sendiri dan bahkan sampai nantinya gunung pun kamu gulingkan. Nantinya ada juga beberapa mode game di mana kamu akan diberi syarat seperti harus menggulingkan benda yang manis-manis saja dll. Untuk Touch My Katamari (PSVita) sendiri, bola yang kamu gulingkan bisa dibuat jadi gepeng supaya bisa kamu bisa menjangkau area yang lebih luas.

2. Hatoful Kareshi (Hatoful Boyfriend)

10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot2
10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot5
Genre: PC
Oke, kita masuk ke genre game yang paling sering diproduksi di Jepang: Visual Novel… hanya saja… uh, kamu bisa lihat sendiri dari screenshotnya.
Ya, kamu berperan sebagai cewek yang mulai bersekolah di St. PigeoNation’s Institute. Di sana, kamu akan bertemu dengan sejumlah kandidat yang bisa jadi lawan cintamu… hanya saja mereka semua burung. Dari judulnya sendiri, memang artinya mengarah ke sana (Hato=merpati) ditambah ada sedikit permainan kata dalam judulnya (Hatoful=heartful/hurtful). Memang sih, kamu akan melihat versi manusia dari cowok-cowok yang kamu lihat, tapi itu hanya untuk pertama kali saja. Jadi kamu bisa bayangkan sendiri kalau kamu sebagai cewek digoda sama burung. Mungkin sebagian dari kamu menganggap itu romantis? Ya… kenapa tidak?
Kalau kamu tertarik, versi bahasa Inggrisnya sudah ada. Game ini juga sudah memiliki sekuel dan juga sudah diterjemahkan.

3. The Bacon Lettuce Biographies (ベーコンレタス列伝) [PC]

10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot3
10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot4
Visual Novel lainnya dengan keanehan tersendiri. Cerita dalam game ini mengandung unsur boy’s love, jadi jika kamu tidak suka dengan cerita semacam itu, mungkin kamu tidak mau mencoba yang satu ini. Hal yang akan membuat kamu bakalan sangat bingung dalam game ini adalah semua lawan main-mu adalah cowok yang juga seonggok daging. Ya, bahkan dari nama mereka pun menunjukkan bahwa mereka itu daging. Contohnya cowok yang paling terkenal di sekolah namanya ‘Daging Sapi’ sementara teman dari masa kecilmu namanya ‘Tuna’.
Mungkin game ini bisa disamakan dengan game yang saya sebutkan sebelumnya, hanya versi yang lebih… enak? Entahlah, saya juga bingung. Tapi bukan berarti tidak ada karakter yang 100% manusia. Ada satu karakter perempuan yang penampilannya tetap manusia… hanya saja dia mengencani toro sushi.

4. LSD: Dream Emulator

10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot6
Genre: PlayStation One
Kita sekarang masuk ke dalam kategori yang membuat pikiranmu tersesat karena kamu sama sekali tidak mengerti apa yang terjadi. Game ini dideskripsikan sebagai simulasi tidur pada keadaan REM (Rapid Eye Movement), tapi yang terlihat di sini nampaknya lebih seperti mimpi buruk… atau mungkin seperti ketika kamu mencoba menghirup lem.
Yang jelas, game untuk Playstation One ini tidak menawarkan gameplay yang super rumit. Kamu hanya berjalan-jalan saja dalam mimpi yang penuh hal-hal absurd. Entah bertemu dengan mahluk aneh, berjalan di koridor penuh pintu dan lain sebagainya. Tidak ada percakapan, tidak ada tulisan dan setiap kali kamu bermain, kamu tidak muncul di tempat yang sama. Jika kamu merasa ini game yang menyenangkan… ya, silakan main.

5. Eastern Mind: The Lost Souls of Tong-Nou [PC]

10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot7
Genre: PC
Ugh, sekarang saya bingung bagaimana menjelaskan tentang apa game ini sebenarnya. Jadi, di game ini kamu akan berperan menjadi Rin, seseorang yang jiwanya diambil oleh Tong Nou. Tong Nou diceritakan adalah sebuah pulau yang bisa mengambil jiwa manusia. Rin kemudian dipinjamkan jiwa oleh seekor ular dan selama 49 hari ke depan ia harus mengembalikan jiwanya sendiri. Sudah cukup bingung? Tunggu sampai kamu lihat gameplay-nya.
Pada dasarnya, game ini adalah game point and click, hanya saja lingkungan dan segala macam elemen visual yang kamu saksikan dalam game yang hanya rilis di PC ini dijamin akan membuat kamu tidak bisa tidur karena saking ‘mengganggunya’. Oh iya, orang yang membuat game ini adalah orang yang sama yang membuat membuat LSD, malah ini adalah game buatannya sebelum LSD. Kalau kamu penasaran, silakan google Osamu Sato. Resiko tanggung sendiri.

6. Gal*Gun

10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot8
Platform: PS3 & Xbox One
Akhirnya, sesuatu yang saya kenal dan saya senangi (atau mungkin kita senangi juga). Gal*Gun adalah game on rail shooter seperti layaknya game semacam Virtual Cop atau Time Crisis. Perbedaan besar adalah target yang kamu tembaki bukan penjahat melainkan cewek sekolahan.
Diceritakan bahwa kamu adalah siswa paling populer yang ada di sekolah dan semua cewek di sekolah jatuh cinta padamu. Tapi, justru hal itu sangat mengganggu kamu untuk bisa dekat dengan cewek yang kamu suka. Dengan menggunakan Pheromone Gun, kamu bisa menjatuhkan cewek-cewek yang berusaha dekat denganmu.
Mungkin kamu merasa kamu akan merasa sangat malu kalau kamu ketahuan main game seperti ini, makanya ada ‘panic button’ dalam game ini. Begitu menekannya, layar langsung berubah dan menunjukkan gambar game 8-bit. Sebuah fitur game yang revolusioner!
Bisa dibilang, game jenis ini cukup langka ada di Xbox 360 karena jarang sekali pengembang game dari Jepang membuat game ‘sejenis’ ini untuk konsol buatan Amerika (walaupun akhirnya di-port juga untuk PS3).

7. Takeshi Challenge [Famicom/NES]

10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot10
10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot9
Tahu Benteng Takeshi ‘kan? Dikatakan bahwa ide game ini keluar dari kepala sang Beat Takeshi (Takeshi Kitano) sendiri pada saat dia sedang mabuk. Ceritanya, pada saat dia diminta untuk memberikan ide untuk membuat game tentang dirinya oleh game Designer dari Taito (Arkanoid, Bubble Bobble), Kitano menuangkan pikirannya sekaligus menuangkan sake untuk dia tenggak. Alhasil, jadilah game yang disebut-sebut sebagai game yang nge-troll para gamer karena kamu tidak boleh salah sedikitpun ketika memilih jawaban, kalau tidak, ya Game Over.
Tapi meskipun dibilang aneh dan menyebalkan (terutama di stage karaoke), game ini mungkin bisa dibilang sebagai leluhur spiritualnya GTA. Kenapa? Belum ada game yang membolehkan kita memukuli pejalan kaki dengan bebasnya pada jaman Famicom (NES).

8. Mister Mosquito

10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot12
Platform: PS2
Mungkin game ini sebenarnya punya konsep yang cukup unik dan gameplay yang menurut saya sendiri cukup baik, tetapi sepertinya game ini lebih menonjolkan sisi voyeurisme-nya ketimbang memperlihatkan potensi gameplay-nya.
Dalam Mister Mosquito, kamu bermain sebagai nyamuk yang harus menyedot darah dari anggota keluarga Yamada supaya kamu bisa bertahan hidup menjelang musim dingin nanti. Selama kamu menyedot darah penghuni rumah, kamu harus melakukannya dengan diam-diam, sebab jika kamu ketahuan maka orang yang kamu sedot darahnya bisa terganggu dan malah menyerang kamu. Jadi, bisa dibilang malah ada unsur stealth dalam game ini.
Yang membuat game ini jadi aneh adalah ketika kamu melaksanakan tugasmu, lokasinya kadang di tempat yang cukup privat seperti kamar tidur bahkan kamar mandi. Rasanya kita menjadi tukang intip berukuran mini.

9. Seaman

10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot13
Platform: Dreamcast
Suka pelihara ikan? Mungkin game yang satu ini bisa jadi alternatif kalau kamu tidak punya akuarium dan kamu termasuk orang yang sering bicara dengan peliharaanmu. Nah, kalau kalau kamu bicara dengan ikan yang ada di akuarium, pastinya agak aneh bukan, tapi kalau kamu bicara sama Seaman pasti akan lebih aneh lagi. Seaman yang punya wajah seperti layaknya manusia biasa, pasti akan menjawab balik apa yang sedang kamu bicarakan dengannya. Dengan menggunakan peripheral berupa mikrofon, kamu bisa ngobrol dengan Seaman dan bertanya apapun kepadanya meskipun jawabannya kadang tidak nyambung.

10. Muscle March

10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot14
Platform: Nintendo WII
Game ini memang aneh, tapi juga bikin perut kamu sakit gara-gara ketawa. Konsepnya mirip dengan gameshow Hole in the Wall di mana kamu harus mengikuti bentuk lubang yang ada di tembok. Tentu terdengar biasa saja kan? Tapi tunggu sampai kamu tahu bahwa kamu adalah salah seorang binaragawan yang sedang mengejar pencuri bubuk protein milikmu dan teman-temanmu. Kamu bakalan mengejar pencuri yang kabur sambil melakukan pose-pose layaknya binaragawan namun dengan gerakan yang lebih kocak. Semakin lama kamu bermain, maka gerakan yang kamu lakukan harus semakin cepat dan semakin mengundang tawa.
Tidak hanya gameplay, dari segi visual juga game ini sangat mengundang senyum. Karakter yang didesain juga aneh-aneh, kapan lagi kamu bisa menjadi beruang kutub sambil bergaya ala binaragawan?

Bonus: Sega Toylets

10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak | Screenshot15
Menurut saya, ini adalah jenis videogame teraneh tapi paling menarik. Belum pernah terpikirkan untuk membuat game ketika seseorang sedang melakukan hal yang paling penting dalam hidupnya setiap hari ‘kan?
Game ini disebut ‘Toylets’. Contoh permainannya adalah ‘Graffiti Eraser’ di mana kamu akan menghapus coretan yang ada di layar dengan menggunakan cairan yang keluar dari tubuhmu. Waw, sepertinya waktu yang dihabiskan di toilet akan jadi tidak membosankan. Apa kamu juga mau coba?

Itulah dia 10 game yang teraneh dan bisa membuat kamu berpikir, “Oh, Jepang. Apa yang kalian pikirkan!?” Jika kamu perlu sesuatu yang berbeda, membingungkan atau sekedar perlu dosis keanehan dalam hidupmu, cukup datang ke Jepang dan nikmati apapun yang mereka tawarkan. Tetaplah aneh, Jepang!
Game aneh tapi tidak sedikit orang memainkan game-game ini....

0 Response to "10 Game Aneh dari Jepang yang Bikin Kepalamu Meledak "

Post a Comment

notifikasi
close